Demam Pergi, Bintik Merah Datang

DSC00314

Arya sekarang udah ga demam lagi. Alhamdulillah cuma 3 hari demamnya n cukup ngasih pelajaran wat kami supaya ga cepet panik kalo ngadepin situasi kaya gini lagi (bukan ngarep loo!!). Tapi ternyata lepas dari demam bukan berarti semuanya sudah selesai. Kulit Arya kena rash atau bintik-bintik merah. Bahkan di beberapa bagian dah ga bisa dibilang bintik lagi karena lebar daerah merahnya. Sedih deh hatiku ngeliat Arya kaya gitu… Langsung deh curhat ma neneknya yang di Bandung n Batam. Mereka bilang don’t worry itu mah biasa kalo udah demam/panas tinggi emang biasa gitu!! Tapi masa kita biarin aja?! Ga tega ngeliat kulit n wajah mulusnya penuh bintik-bintik merah. Tetangga yang ngeliat kondisi Arya juga bilang jangan panik katanya Arya kena Gabagan atau Serampah. Tapi ada juga yang bilang Arya kena Campak. Lho, Arya kan udah diimunisasi Campak!! Nah, karena ga mau kena salah diagnosa lagi, so kita mulai browsing n cari tau ada apa ama kulit si jagoan kami ini. Kami tadinya mau langsung nemuin DSA nya Arya tapi kami harus siapin amunisi dulu sebelum pergi.

Setelah baca-baca ternyata ketauan kalau Arya kena Roseola Infantum. Bagus banget ya namanya? Tapi jangan sampai kena lagi deehh… Penyakit ini biasanya diderita oleh bayi/anak berusia 6 bulan ampe 3 tahun. Ternyata penyakit bernama bagus ini diakibatkan oleh virus Herpes 6 n 7. Virus ini beda ama virus herpes lain yang bisa nyebabin penyakit kelamin. Virus ini menular lewat ludah penderita. Masa inkubasi  (mulai terinfeksi ampe gejala) biasanya 5-15 hari. Dan biasanya penyakit berlangsung selama kurang lebih seminggu. Gejalanya panas tinggi yang datang tiba-tiba antara 39,4C – 40,6C. Sama banget ama Arya yang tiba-tiba panas tinggi. Panasnya biasanya berlangsung antara 3-5 hari. Kemudian faint pinky rash atau bintik-bintik merahnya dateng setelah panasnya turun atau menetap. Biasanya bintik-bintik ini dateng pas hari ke-4.

Tapi ga usah kuatir karena bintik ini ga gatel n ga menetap lama ko! Bintik merah ini cuma menetap selama 2-3 hari, lalu pergi. Jadi harus diinget kalo yang diobatin itu bukan bintik merahnya tapi panas tingginya. Ketika anak panas sebaiknya beri Asetaminofen bukannya Aspirin karena akan mengakibatkan sindroma reye…

Nah, untuk pencegahan supaya ga kena lagi si Roseola infantum ini, kita harus jaga kebersihan rumah, mainan n yang ga kalah penting sering-seringlah cuci tangan si kecil. Apalagi setelah main dari luar biasakan cuci kaki n tangan karena meskipun rumah kita bersih, anak kita bisa aja tertular dari tempat lain. Ya toohh?…

Semoga berguna yaaaa….

27 responses to “Demam Pergi, Bintik Merah Datang

  1. waduh…mama arya,thanks bgt,akhirnya saya tahu anak saya angga ga napa2.. soalnya situasinya sama bgt ma anak saya angga.sekarang ini demamnya udah ilang tapi bintik merahnya banyak bgt. ya..ibu2 sini juga bilangnya sama gabagan,campak,dll…aku sempet panik bgt.
    mungkin anakku bisa kena begini karena rumah kami dekat dengan warung yang setiap hari banyak dirimbungi lalat.
    kayaknya harus pindah neh..habis rumah bersih juga tapi kalo lingkungannya ngga,bisa gawat neh..
    thanks bgt

    mama angga di batam

      • Terimakasih, Mama Arya.
        Anakku, Aleta sekarang jg lg terkena virus itu.
        Tadinya aku khawatir dg kondisi yg menimpanya.
        Puji Tuhan….
        Mam Ary sudah memberikan pencerahan.
        Sekali lagi, makasih banyak Mama Arya.

  2. Mama Arya… Thx for the info.. Anaaku lg dirawat dg gejala yg mirip.. Artikelnya sgt membantu.. Soalnya udh 3 hari bertanya2 sakit apa anakku..

  3. Mama Arya, makasi infonya.. Sangat membantu.. Anakku lg dirawat dg gejala yg mirip.. Sampe akhirnya saya browsing dan baca artikel ini..

  4. benar mama arya..thanks ya infonya ..kebetulan anak ku sekarang seperti itu..rasa panik dan cemas menyelimuti pikiran ku…tapi setelah baca ini alhamdulillah lega rasanya..karena memang anakku dah gak demam dan malah makan+minum susunya sangat bagus.Alhamdulillah ..semoga bintik-bintik merahnya biasa cepat hilang juga.

  5. thank sharingnya kebetulan anaku juga baru keluar dr rumah sakit dengan gejala yang sama,tadinya sempet kawatir karena takut kena DB tp alhamdullillah setelah di cek lab ternyata trombosit and hb nyanormal (negative DB) dan sekarang dah pulang Thank ya mama arya untuk infonya

  6. Alhamdulillah, ternyata setelah ganti susu dari formula ke UHT malah gak muncul-muncul lagi alerginya.

  7. mkasih ya.. ini sangat membantu skali.anakku skrang lg menglami hal yg serupa.sehabis panas nya smbuh,kluar bintik merah

  8. makasih infonya ya karena anak saya tadi malam juga kelkuar bintik² merah gitu sehabis demam saya udah panik banget rasanya pengen malam itu jaga saya bawa ke dokter, tapi setelah baca referensi ini rasanya jadi lega……….makasih ya semuanya

  9. Anakku jg gjalanya sama persis d.skrang panasnya turun eh timbul bintik2 merah “awalnya dtelapak kaki eh skrang dah smpai paha”
    makasih infonya

  10. terima kasih infonya saya jadi lega soalnya anak saya hari ini juga mengalami gejala mirip seperti ini dan sekarang sedang diperiksakan di poli anak.

  11. Mama makasih yaa… Chelsea sekarang ngalamin gelaja yang sama niih, padahal panas demamnya udah hilang (mulai panas sabtu, sembuhnya selasa), malahan sempet sekolah rabu, belum ke dokter siih, tapi sy yakin pasti gejalanya sama, Oh ya, dia punya rash di kaki, trus sy obati pakai salep desolex, sekarang sudah aga hilang, ngaruh ga yaa?? Sy kasih stimuno setelah segeran, hari ini muncul bintik merah tapi baru muncul setelah demam pergi, kalo pake parasetamol untuk ngilangin demamnya gmn tuh? sama aja kan?

  12. Seneng banget baca artikel ini. Pas bener sama kondisi Adil. Saya jg pikir, masak kena campak lagi. Udah curiga sih klo ini ada hubungannya sm kebersihan. Thanjs banget ya…

  13. Alhmdulillah,, akhirnya aq bs tenang trm ksh y bunda pie atas sharenya. Anak q mengalami hal yg serupa sungguh aq sangat cemas dan sedih melihatnya. Setelah membaca artikel dari bunda pie, hatii q terasa lega sekali. Tq y bunda pie.🙂

  14. makasih mama,,,,
    kebetulan skrg ini aku lg skt kyk gt,,,
    emg bbrp hri yg lalu aku smpet panas tinggi,,,stlh panas turun ku kira skt ku udah smbuh total, eh gag taunya masih ada skt kyk gni,,sluruh badan gatal-gatal dan merah-merah…

  15. Anakku jg sama..tp anakku batu 1 bulan….merah2 nya udah berangsur hilang dimulai dr ruam merah yg pertama muncul it yg duluan hilang..tp ad rasa gatal soalnya typ malam dy cakar2 muka nya pakai tangan yg masih dibungkus sarung tangan baby..bingung ga mw k DRSA lg psti d kasih macem2 obat lg..kasihan. Anakku cm dapet asi 1 minggu soalnya..sedihhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s